Sosialisasi Gerakan Hidup Sehat dan Bersih bagi Pokja Sehat Kelurahan Kauman

Hari Jumat tanggal 22 Maret 2019 Kelurahan Kauman Kecamatan Klojen Kota Malang mengadakan Sosialisasi Gerakan Hidup Bersih dan Sehat bagi Pokja Kelurahan Sehat, Ketua RW dan Ketua PKK RW serta Kader Lingkungan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan peran dan pengetahuan bagi Pokja Kelurahan Sehat dan lembaga yang lain yang mempunyai fungsi dalam pemeliharaan kesehatan lingkungan.
Narasumber pada kegiatan sosialisasi ini dari Forum Komunikasi Kecamatan Sehat yaitu ibu Tinuk dan Bapak Ranu. Narasumber menyampaikan pentingnya menggelorakan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan masyarakat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), merupakan salah satu program dari kementrian kesehatan yang saat ini sedang gecar gencarnya di sosialisasikan, di samping sosialisasi mengenai hari kesahatan nasional atau di singkat HKN yang diperingati setiap tanggal 12 November, bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kemauan akan hidup sehat dan kesadaraan mensyukuri nikmat sehat. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.
Dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak seha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*