Berita

Pokja Kelurahan Sehat Kauman Adakan Senam Ibu Hamil

Setiap hari Jumat pada minggu ke 4 setiap bulannya, Pokja Kelurahan Sehat Kelurahan Kauman mengadakan senam bagi Ibu Hamil. Hamil bukan berarti harus berhenti berolahraga. Justru olahraga atau melakukan senam hamil sangat disarankan untuk dilakukan saat hamil. Karena, aktif saat hamil dapat membawa manfaat yang banyak bagi Anda dan janin.
Berikut ini beberapa manfaat senam hamil yang tentu sayang jika dilewatkan.

1. Membantu menyediakan energi
Olahraga teratur dapat membantu Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, membuat Anda tidak mudah lelah. Karena, dengan berolahraga Anda dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Dengan berolahraga, Anda juga melatih otot Anda, sehingga Anda tidak perlu melakukan banyak usaha untuk melakukan aktivitas.

2. Menurunkan risiko komplikasi kehamilan
seperti diabetes gestasional dan preeklampsia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil dengan diabetes gestasional yang berolahraga tiga kali seminggu dapat menurunkan risiko bayinya lahir dengan berat badan berlebih sebesar 54% dan menurunkan risiko melahirkan caesar sebesar 34%. Berolahraga juga dapat membantu menjaga berat badan sehingga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

3. Membantu mengurangi stres dan membangkitkan suasana hati
Sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan kadar serotonin, zat kimia otak yang berhubungan dengan suasana hati, membuat Anda lebih bahagia dan bersemangat. Hal ini tentunya sangat baik buat kandungan Anda.

4. Mengurangi ketidaknyamanan saat hamil
Anda mungkin merasa tubuh kurang bugar saat hamil karena sakit punggung, sembelit, perut kembung, dan pembengkakan (misalnya pada kaki). Dengan berolahraga, tubuh lebih aktif bergerak sehingga mendukung kelancaran peredaran darah dalam tubuh. Olahraga juga dapat memperkuat otot, sehingga membantu Anda mencegah dan mengatasi nyeri selama kehamilan.

5. Membuat tidur lebih nyenyak
Olahraga atau senam saat hamil dapat membuat tubuh Anda cukup lelah. Sehingga, Anda akan lebih nyenyak tidur pada malam hari.

6. Membantu tubuh mempersiapkan kelahiran
Olahraga selama hamil dapat membantu persalinan lebih mudah dan memperpendek waktu persalinan. Juga, menurunkan risiko komplikasi saat persalinan. Hal ini karena tubuh sudah terbiasa dilatih dan mengeluarkan banyak energi saat olahraga atau senam.

7. Membantu pemulihan tubuh lebih cepat setelah melahirkan
Berolahraga atau senam secara teratur selama kehamilan dapat memperkuat otot, sehingga tubuh bisa pulih lebih cepat setelah melahirkan karena otot sudah biasa dilatih.