Berita

Pemberantasan Sarang Nyamuk oleh Pokja Sehat Kelurahan Kauman bersama Kader Jumantik

Pada hari Selasa tanggal 19 Maret 2019 pagi, Pokja Kelurahan Sehat Kelurahan Kauman bersama Kader Jumantik melakukan pemeriksaan jentik nyamuk di rumah rumah warga di wilayah RW.05. Pemeriksaan jentik dilakukan pada setiap tempat-tempat penampungan air yang ada yang lebih dominan dihinggapi nyamuk sebagi sarangnya. emeriksaan jentik dilakukan dengan mengutamakan pemberantasan pada nyamuk demam berdarah yaitu nyamuk Aedes Aeggepty.
Nyamuk Aedes Aeggepty biasanya berkembang diberbagai penampungan air yang bersih. Biasanya pada bak mandi, tempayang, dan bekas-bekas kaleng yang ada pada daerah sekitar. Nyamuk ini mampu hidup pada ketinggian sampai 1000 m dari permukaa laut, suka hidup didaratan rendah yang berpenghuni padat. Dari telur hingga dewasa mencapai kurang lebih 12 hari.
Tata cara melakukan pemeriksaan jentik dapat dilakukan dengan baik setelah memperoleh wawasan yang luas yang diberikan oleh petugas. Adapun tata cara pemeriksaanya meliputi :

Pemeriksaan bak mandi yang ada pada WC, tempayan, drum dan tempat penampungan yang lainnya.
Jentik nyamuk biasanya muncul pada permukaan air untuk bernafas, jika belum muncul tunggulah ekitar 1 menit
periksa segala macam tempat yang relatif menjadi penmpungan air. Misalnya vas bunga, tempat minum burung, kaleng-kaleng yang ada.
Akan tetapi perlu diingat bahwa jentik hidup pada tempat yang menjadi penampungan air. Bak sampah salah satu tempat yang menjadi sarang nyamuk, tentu saja secara logika nyamuk tersebut akan bertelur ditempat itu juga.