«

»

Apr 11 2016

Cetak ini Pos

Tips Bekerja dengan Komputer

TIPS BEKERJA DENGAN KOMPUTERTeknologi saat ini telah berkembang pesat, jika dibandingkan dengan beberapa dekade sebelumnya. Dengan adanya komputer, maka segala pekerjaan menjadi lebih mudah. Komputer juga telah menggantikan fungsi mesin tik sebagai word processor dan juga beberapa fungsi lainnya. Bahkan teknologi komputer dapat meng-handle berbagai pekerjaan yang seharusnya dikerjakan oleh manusia, seperti komputer penggerak robot di pabrik-pabrik besar.

Untuk yang bekerja di depan komputer pastinya akan selalu terpaku dengan layar komputer dan juga menatap layar komputer selama berjam-jam. Hal tersebut berdampak buruk bagi kesehatan.

Orang yang selalu berada di depan komputer dengan duduk dan menatap layar selama berjam-jam akan terkena penyakit mata dan cidera punggung. Disaat mata menatap objek yang terang dalam waktu yang lama maka intensitas kepekaan mata akan berkurang sehingga mata cepat lelah dan kepala menjadi pusing. Jika dibiarkan berlarut-larut maka akan berdampak pada kaburnya penglihatan.

Dari sisi kesehatan tubuh, jika anda terlalu lama duduk di depan komputer maka pinggang anda akan terasa lelah karena menopang berat badan dalam keadaan statis terlalu lama sehingga sangat rentan cidera seperti terkilir, kram dan lain sebagainya.

Memang jika ada pekerjaan yang membuat anda harus selalu berada di depan komputer setiap saat hal tersebut tidak dapat di elak kan. Namun sebenarnya ada langkah-langkah taktis dimana anda tetap dapat berkerja namun juga sekaligus dapat menjaga kesehatan anda.

Caranya ialah dengan selalu bagun dari meja kerja anda setiap 30 menit sekali dan berjalan-jalan lah sebentar atau minum air putih, kemudian balik lagi ke meja kerja anda dan lakukan pekerjaan tersebut lagi. Manfaat anda bangun dari depan komputer di meja kerja anda adalah untuk membuat relaksasi mata dan punggung anda agar tidak cidera. Dengan meminum air maka dapat menghindari ginjal anda menjadi sakit yang mengakibatkan orang sering mengeluh sakit di sekitaran punggung mereka.

Jangan lupa untuk cuci wajah anda untuk mendapatkan kesegaran kembali disaat bekerja nanti, jika mata anda kering disaat menatap layar komputer maka usahakan sediakan obat tetes mata untuk membuat mata anda tetap segar. Dan yang terpenting adalah selalu lakukan istirahat setiap beberapa puluh menit sekali untuk menghindari kelelahan mata. Saat melihat layar komputer mata juga lebih sedikit berkedip, berkediplah dengan sengaja agar mata tidak kering.

Dengan selalu menerapkan cara tersebut, maka anda secara otomatis menjaga kesehatan anda selalu di tempat kerja namun tanpa harus meninggalkan pekerjaan tersebut.

Sumber: tipskesehatanlengkap.com

Tautan permanen menuju artikel ini: https://kelkauman.malangkota.go.id/2016/04/11/tips-bekerja-dengan-komputer/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *